Surat #8: Melangkah Lagi

Kalau kau terusterusan menggenggam masa lalu, bagaimana bisa menjemput bahagia yang baru?

Sudah kuterima pesanmu itu, melalui gumpalan awan yang meluruh dalam hujan kemarin malam. Ya, kamu benar. Ada saatnya ketika kita benarbenar harus melihat hanya ke depan, menahan diri untuk tidak menengok ke belakang.

Lalu, seperti melepaskan balonbalon. Aku memvisualisasikannya dalam kepala, aku melepaskan balonbalon satu per satu dari genggaman. Memerhatikan betul geraknya, sampai benarbenar hilang dari batas pandang. Belajar melepaskan. Semoga langkah ini kelak akan terasa lebih ringan, dengan tangan yang sengaja sudah dikosongkan.

Cukup lama aku bertahan, diam di tempat. Sementara, waktu tidak pernah ikut berdiam.

Aku memutuskan untuk melangkah lagi. Ini bukan perkara cepat atau lambat, ini adalah usahaku untuk bisa sampai di tempatmu. Bantu aku menyelaraskan perjalanan dengan sisa waktu yang kupunya.

79f8ffc96331ea9e8ac7fdda28787a20

3 thoughts on “Surat #8: Melangkah Lagi

Leave a Reply

